nusakini.com - Jurgen Klopp mengungkapkan kegembiraan atas lolosnya Liverpool ke play-off Liga Champions. Walau begitu, sang manajer tak ingin terlalu lama terlena dan ingin segera membangun tim untuk musim depan.

The Reds menang 3-0 atas Middlesbrough kemarin (21/5) dan mengunci finis empat besar Liga Primer Inggris. Klopp puas pada performa akhir musim timnya, namun mengakui itu bukan harapan terbaiknya.

"Saya tak yakin jika [finis empat besar] adalah target semua suporter Liverpool, tapi saya menganggapnya seperti terbaik kedua. Untuk beberapa pekan terakhir, kami tahu inilah hasil maksimal yang bisa kami raih dan kami melakukannya," ungkap Klopp.

"Ini terasa sangat luar biasa pada momen saat ini. Saya mengatakan pada konferensi pers dua hari lalu bahwa segalanya terasa baik di klub ini, rasanya menyenangkan, tapi tentu saja kami harus meraih hasil bagus."

"Merasa nyaman adalah satu hal, menunjukkan bahwa Anda ada pada jalur yang bagus adalah hal yang berbeda, dan saya pikir kami telah menunjukkan hari ini bahwa kami pantas untuk menerima posisi ini. Tujuh puluh enam poin, itu adalah angka yang istimewa," ungkapnya.

"Kita semua tahu apa yang terjadi pada Januari. Saya tak yakin kita semua sepakat pada alasannya, tapi penjelasan terbaik adalah cedera dan banyaknya laga. Kami tak bisa mengubah ini. Sudah terjadi, lalu masalah di Februari adalah dampak dari laga-laga di Januari, tapi di Maret kami kembali ke jalur dan mengantongi 76 poin."

"Itu adalah dasar yang kami ciptakan. Kami banyak belajar tahun ini tentang diri kami sendiri, jadi kami bisa menggunakannya. Ya, jika Anda mau, biasanya di akhir musim Anda akan kelelahan, tapi saya bisa memulai [pramusim] - dan jangan katakan pada para pemain! - besok karena saya sudah menantikan apa yang bisa kami lakukan."

"Kami bisa lolos [ke Liga Champions] dan segalanya dan ini akan jadi pramusim yang baik, jadi saya benar-benar menantikannya," pungkas Klopp . (fft/om)